Sabtu, 25 Juni 2011

166. Peniti dari Kakek

Rasanya menyesal sekali mengapa di saku celana saya ternyata tinggal tiga ribu perak, padahal turun keluar kantor maksudnya mau beli tolak angin … (maklumlah mau menjadi orang pinter .. kan katanya orang pinter minum tolak angin … huahaha). Loh, sampeyan ini nanya saya kenapa kok nyesel … iya, bukan karena tolak anginnya harganya lebih dari tiga ribu, tetapi … bentar dulu ya.. ceritanya ada .. hehe.

Kita ini kadang-kadang teledor untuk hal-hal yang kecil seperti itu, misalnya lupa nggak bawa dompet, atau kunci kantor ketinggalan, atau bahkan kartu absen lupa nggak dibawa … hehe ngaku nggak ? Saya kadang-kadang juga begitu lha wong saya kan juga manusia, yang bisa lupa hehe .. sama seperti kemarin itu, mengapa nggak saya taruh uang yang cukup di kantong saku saya, padahal perasaan setiap hari sudah selalu menyiapkan uang bila mau berangkat kantor. Lha ini pas dibutuhkan malah gak siap …. Ini bukan soal uangnya itu tapi penyesalan yang terjadi….

Saya memang turun ke warung sebelah kantor, mau beli tolak angin karena lagi nggak enak body … bener-bener meriang karena sudah beberapa hari ini kerja lembur … pulang malam, malah kena hujan, jadi biasalah … badan perlu maintenance dikit hehehe … pas keluar di samping kantor ada bapak-bapak tua sekali boleh dibilang kakek-kakek… menawarkan dagangannya berupa barang-barang kecil seperti peniti, lem, pinset, potongan kuku dan sebagainya…. Bapak itu teriak-teriak menawarkan dagangannya kepada setiap orang yang lalul lalang di hadapannya… tapi lha wong dagangannya kayak gitu, mana ada yang perhatikan … semua orang lagi kelaparan mau makan siang … Apalagi cewek-cewek cantik yang berseliweran … mana mikirin peniti… hehe. Saya terhenyak melihat ekspressi wajah si kakek itu … kasihan banget gak ada yang beli satupun. Wajahnya memelas … jadi sedih melihatnya.

Saya otomatis merogoh saku, waduh … ternyata yang saya sangka uang dua puluh ribuan itu hanya uang seribuan … karena warnanya kan sama. Jadi duit cuma tinggal tiga ribu, mau beli tolak angin gak tau berapa, takut nanti kurang … akhirnya mau sedekah urung ntar dulu dapetin tolak angin dulu dong … ternyata hanya dua ribu harganya … jadi uang sisa seribu… kembali dari warung saya buru-buru kembali ke kakek penjual asongan itu dan saya beli seplastik kecil peniti harganya cuma seribu … ! Begitu si kakek menerima uang seribu dari saya, terucap dengan jelas di telinga saya rasa syukurnya ….“alhamdulillaaaahh ..!! ”.

Waduh….. degg !! Saya sampai lupa masuk angin, rasanya saya nyesel banget kenapa kok tadi nggak saya kasih saja uang itu semua…. Toh masih bisa ambil di ATM sebentar …, Kepikiran itu saya langsung ke ATM … mencoba kembali mencari kakek itu mau saya kasih uang sisa bulan ini… aduh, dimana beliau .. ? Sudah pergi ….. Ya Allah, ampunilah saya … begitu egoisnya saya hanya karena masuk angin … Tapi peniti itu masih dalam genggaman… entah untuk apa peniti itu saya nggak tau, karena niat saya membeli hanya ‘mayok-ke’ istilah jawanya … biar laku ! Tapi respon si kakek itu membuat saya belajar betul arti bersyukur …. Saya sungguh kurang bersyukur selama ini … !

Maafkan saya kakek, begitu lambatnya saya berfikir tentang berbagi rizqi…. Padahal Allah telah memperlihatkan di depan mata saya … Saya hanya sibuk dengan urusan dunia, tugas kantor, target dan segala macam kesibukan yang menyita waktu … Astaghfirullah … jangan masukkan kami dalam golongan orang yang lalai ya Allah … sholat setiap hari tapi tidak peduli orang miskin …. Dengan apa saya membayar hutang itu ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar