Senin, 07 Oktober 2013

370. Kisah Kehidupan Sehari-hari

Becak adalah salah satu angkutan umum berbahan bakar keringat, tenaga dan keramahan manusia yang menawarkan jasa untuk membantu memperlancar aktiitas manusia yang lain. Becak juga merupakan roda-roda rejeki di mana setiap kayuhnya membutuhkan usaha yang tidaklah mudah dalam memutar roda-roda tersebut untuk mengejar rejeki yang terkadang tidak selancar roda yang menggelinding tersebut.Terkadang asapun tidak bosan-bosannya menyapa para pembecak tersebut.
“akan tetapi,, apa yang harus aku bilang ke istriku yang menunggu dengan suguhan segelas kopi di rumah?”.

“Apa yang harus aku katakan ke anak-anakku yang minta oleh-oleh sepulangku kerja?”.

Ah…tiada guna aku mengeluh…lebih baik aku mempersiapkan tungganganku dan membersihkannya, sehingga para penumpangku merasa nyaman dan ketagihan akan jasa becakku. Tuhan…. semoga KAU melancarkan rejekiku hari ini, demi seberkas senyuman dari anak dan istriku yang telah menanti seharian di rumah^^.

Mungkin sebagian dari kita masih belum pernah mendengar istilah tersebut. Becak’an mungkin dapat di artikan kumpulan tukang becak yang sedang mangkal di satu tempat. Sering juga kita dengar istilah “Gaplekan”. Gaplekan sebenarnya adalah mainan dari kartu domino. Trus kenapa disebut “Gaplek’an”?

Kalau kita di Becak’an, pasti akan sering kita lihat mereka asyik sekali memainkan kartu-kartu domino dengan serunya sambil mengisi waktu luang karena sepinya penumpang. Dan se-sekali kita dengar suara “PLEK” pada permainan tersebut karena saking kerasnya orang becak’an membanting kartu yang di pegangnya.

Mungkin dari situlah kata gaplek’an berasal. Seru sekali apabila kita perhatikan apa yang mereka mainkan. Di tengah sepinya penumpang, mereka tetap bisa santai dan bercengkrama dengan yang lain lewat gaplek’an tadi.

Di sini saya ingin sedikit membagi sudut pandang saya terhadap hal tersebut. Sangatlah kontras apabila kita membandingkan orang-orang yang di becak’an tersebut dengan pegawai yang minta kenaikan gaji. Para supporter yang tidak terima klub idolanya kalah sehingga terjadi tawuran. Orang yang memiliki keinginan yang tidak pernah terpuaskan sehingga selalu mencari jalan keluar bagaimanapun caranya sampai hampir menjadi budaya di Negara kita, Korupsi…

Lain halnya dengan orang becak’an tersebut….. Kepada siapa mereka akan meminta kenaikan gaji? Akankah terjadi tawuran apabila salah satu dari mereka kalah dalam menarik perhatian penumpang?
Korupsi? Hahaha

Inilah kehidupan… tidak selalu semuanya berjalan sesuai keinginan kita. Marilah kita mengambil ilmu tentang kehidupan dari mereka…..

Kesulitan…. kesusahan….kekurangan…ketidak-adilan…bahkan kesendirian bukanlah alasan kita untuk bersedih…putus asa….bahkan berhenti.


Bayangkanlah.. betapa indahnya kehidupan ini apabila kita selalu menghiasinya dengan senyuman dan keceriaan… betapa nyamannya kehidupan apabila kita selalu bergandengan tangan dan saling peduli.


2 komentar:

Ahmad mengatakan...

betapa indahnya kehidupan ini apabila kita selalu menghiasinya dengan senyuman dan keceriaan << setuju banget sama kata disamping

Susana Eka mengatakan...

casino indonesia semoga cerita nya bisa bermanfaat.. hehhe
thx ya admin atas cerita nya.. :)

Posting Komentar